Rabu, 27 Februari 2013

Cara melakukan slam dunk







Kabar buat kamu yang bertubuh pendek, sebab sekarang kamu tidak perlu minder lagi saat berolah raga. Terutama basket, Volly dan Sepak Bola. Sebab sekarang sudah ditemukan metode latihan untuk mempertinggi lompatan.
Ini tentu sangat berguna buat kamu yang hobi main basket terutama, karena metode latihan ini memang diciptakan untuk mendukung daya lompatmu. Nama latihannya adalah Plyometric. Terdiri dari 8 minggu program awal dan dilanjutkan dengan 15 minggu latihan intensif. Dan yang terpenting adalah bila latihan ini diikuti dengan baik,tidak mustahil kamu melakukan dunk seperti pemain NBA, Allen Iverson misalnya, yang meski kecil namun lompatannya luar biasa.
Plyometric pada dasarnya adalah latihan untuk memperpendek siklus pemendekan otot. Seperti diketahui bahwa sat bergerak otot mengalami dua jenis gerakan, yaitu kontraksi dan relaksasi. Jadi saat relaksasi otot memproduksi energi untuk melompat. Saat otot memendek untuk kontraksi, maka saat itulah otot melepaskan energi elastisnya untuk melompat. Plyometris pada dasarnya adalah latihan memperpendeksiklus itu sehinggan energi yang dihasilkan cukup besar.
Berikut adalah jenis- jenis latihan Plyometric:


Lateral Cone Hop (lompat Corong)

Lompat melewati corong atau benda sejenisnya, biasanya untuk rambu jalan dan latihan fisik, lakukan menyamping dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Percepat gerakan lompat dan tahan selama mungkin di udara.


Bounding (memantulkan diri)

Lompat ke depan dan belakang dengan kedua kaki dari posisi berdiri secara berulang – ulang. Lakukan secepat mungkin dan cobalah untukmeraih dua poin penting yaitu tingginya lompatan dan jauhnya lompatan.


Skipping ( Lompat Tali)

Lakukan skipping, kali ini dengan cara yang berbeda yaitu dengan mengangkat lutut setinggi mungkin saat melompat dan mengambil arah maju, alias bergerak ke depan.


Box Jump ( lompat Balok)

Lompatlah dari tangga atau balok dengan tinggi sekitar 70 cm, lakukan lompatan spontan setinggi mungkin. Hati – hati dengan pendaratan, lakukan seaman mungkin.


Rim Jumps (Lompat ke Ring)

Lompat setinggi – tingginya menggapai ring basket atau target lainya. Lompat mundur secepat mungkin saat mendarat.


Squat Lunges
Latihan untuk memperkuat otot kaki dengan cara berikut, untuk pemula tanpa membawa beban,untuk latihan selanjutnya disertai beban, tujuan akhirnya seberat ½ berat tubuh sendiri. Posisi berdiri, melangkahkan kaki ke depan selebar mungkin, tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.


Step –Up ( Lompat ke atas)

Latihan melompat bergantian kaki kiri dan kanan secara cepat ke atas balok dengan ketinggian sekitar 12 inch. Untuk pemula tanpa beban, tujuan akhirnya mampu melakukan latihan ini dengan membawa beban seberat ½ berat tubuh

0 komentar:

Poskan Komentar